Jumat, 17 Juni 2016

Sembilan Anak Iblis dan Tugasnya

Print Friendly and PDF
Dari berbagai sumber ada beberapa anak iblis yang tugasnya mengganggu manusia. Sembilan anak iblis memang ditugaskan agar manusia tergoda oleh tipu muslihatnya. Berikut 9 anak iblis beserta tugasnya.

1.   Setan Walhan
Anak Iblis yang bernama walhan ini mempunyai tugas untuk mengganggu manusia wudhu dan mandi. Kita pernah juga kan pas wudhu lupa sudah sampai mana, nah itulah akibat dari kenakalan si Walhan yang membuat kita menjadi tidak khusyu’. Ketika mandi kita sering lupa waktu terlebih bagi kaum hawa nch…itulah akibat pengaruh dari si Walhan juga. Makanya ketika masuk ke kamar mandi jangan lupa baca do’a ych….
Do'a masuk kamar mandi
"Allahumma inni a'udzu bika minal khubutsi wal khobaits"
"Ya Allah sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari setan laki-laki dan setan perempuan."

Do'a keluar kamar mandi
"Alhamdulillahi ladzii adzhaba annil adza wa 'aafanii"
"Segala puji bagi Allah yang telah menghilangkan penyakit dan telah membuatku sehat."

2.  Setan Khanzab
Setan Khanzab ini bertugas mengganggu orang shalat. Kita semua pasti pernah mengalaminya ketika shalat kita tiba-tiba menjadi tidak khusyu’. Fikiran kita entah kemana-kemana seakan hanya tubuh kita saja yang bergerak namun hati kita tidak. Pinter banget dah ini si Khanzab dalam mengganggu manusia. Adaaa ajaaa cara agar kita tidak khusyu’ dalam menjalani shalat. Oleh karena itu, kita juga jangan kalah pintar ama dia. Heheh
Tips agar terhindar dari gangguan setan Khanzab :
v  Membaca ta’awudz untuk meminta perlindungan Allah SWT
v  Mengucapkan Laa ilaaha illallah
v  Membaca surat An-nas

3. Setan A’war
Setan A’war ini paling dekat bagi yang belum menikah karena yang memberi jalan untuk berkhalwat bahkan menjerumuskan ke zina yaa atas gangguan si setan A’war ini. Makanya sering banget kita mendengar nasehat jangan pacaran karena lebih banyak mudharatnya. Yupz..pacaran lebih seringnya itu ya jalan berdua, naik motor berdua dan kemana-mana berdua seakan dunia ini milik kita berdua (lah…yang lainnya berarti ngontrak dwunk….heheh)
Rasulullah SAW sendiri sudah dengan tegas melarang kita untuk berkhalwat seperti sabdanya
“Tidaklah laki-laki dan perempuan berduaan kecuali setan akan menjadi yang ketiga.” (H.R Tirmidzi)

4. Setan Zalitun
Anak Iblis yang bernama Zalitun ini tugasnya adalah mengajak manusia untuk berlama-lama belanja dan tempat mangkal setan Zalitun ini di pasar atau pusat perbelanjaan. Oleh karena itu Rasulullah menganjurkan membaca do’a ketika memasuki pasar karena setan memang paling suka mangkal disini.
Do’a masuk pasar
لاَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرُ
LAA ILAAHA ILLALLAAH WAHDAHU LAA SYARIIKA LAH, LAHUL-MULKU WA LAHUL-HAMDU, WA HUWA ‘ALA KULLI SYAI’IN QODIIR.
(Tidak ada Tuhan yang berhak disembah selain Allah, Yang Maha Esa, tiada sekutu bagiNya dan Dia-lah Yang Mahakuasa atas segala sesuatu)
5. Setan Tabrun
Setan tabrun ini nama bekennya adalah setan galau. Wkwkwkwk. Karena tugasnya adalah membuat kita galau, membuat kita berlarut-larut dalam kesedihan ketika musibah menimpa kita sehingga kita lupa bertawakkal kepada Allah SWT. Sedangkan kita sendiri tahu bahwa masalah yang ada pada diri kta merupakan ujian dari Allah SWT. Sekolah aja kita ada ulangan harian, tengah semester dan akhir semester bahkan ujian nasional. Begitu juga dalam kehidupan. Hampir disetiap masalah manusia setan Tabrun ini ada karena dia senang sekali kalau kita galau apalagi kita tidak bisa menerima takdir Allah SWT
“Tidaklah pantas bagi seorang lelaki yang beriman, demikian pula perempuan yang beriman, apabila Allah dan Rasul-Nya telah menetapkan suatu perkara lantas masih ada bagi mereka pilihan yang lain dalam urusan mereka. Siapa saja yang durhaka kepada Allah dan Rasul-Nya sungguh dia telah tersesat dengan kesesatan yang nyata.” (Q.S Al-Azhab : 36)
Ketika Allah memberi ujian kepada kta itu tandanya Allah saying terhadap kita oleh karenanya kita harus bersyukur.
“Dan ingatlah kamu kepada-Ku niscaya Aku ingat pula kepadamu, dan bersyukurlah kepada-Ku dan janganlah kamu kufur terhadap (nikmat)-Ku.” (Q.S Al-Baqarah : 152)
Dari Umar bin Khaththab saya mendengar Rasulullah SAW berkata, “Jika kalian bertawakkal kepada Allah dengan sebenar-benarnya niscaya Allah akan memberi rezeki kepada kalian seperti seekor burung, pagi-pagi keluar dari sarangnya dalam keadaan lapar dan pulang sore hari dalam keadaan kenyang.” (HR. Ahmad)
Dan jangan sekali-kali putus asa karena Allah pasti akan memberi jalan keluarnya.
“Hai, hamba-hamba-Ku yang melampaui batas terhadapn diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dialah yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (Q.S Az-Zumar : 53)

6. Setan Dasim
Setan Dasim ini tinggalnya di rumah dan tugasnya adalah mengganggu rumah tangga manusia. Setan Dasim ini suka sekali mengganggu penghuni rumah yang tidak berdo’a atau menyebut nama Allah SWT ketika beraktivitas. Misalnya ketika makan tidak berdo’a telebih dahulu, maka setan Dasim ini akan terus bersama mereka. Bagi suami-istri jika berjima’ tidak membaca do’a terlebih dahulu, maka akan ditemani setan ini juga. Oleh karena itu, sebelum berjima’ membaca do’a jima’ terlebih dahulu.
“Bismillahi allahumma jannibna syaithana wa jannibi syaithana maa razaqtana”
“Dengan menyebut nama Allah, Ya Allah jauhkanlah setan dari kami dan jauhkanlah setan dari sesuatu yang telah engkau rizkikan  kepada kami.”
Ketika memasuki rumah, ucapkanlah salam karena rumah akan memiliki kemuliaan ketika penghuninya mengucapkan salam saat memasukinya.
“Jika seseorang memasuki rumahnya lantas ia menyebut nama Allah, begitu pula saat ia makan, maka setan pun akan berkata (pada teman-temannya), “Kalian tidak ada tempat untuk bermalam dan tidak ada jatah makan.” Namun ketika ia memasuki rumah tanpa menyebut nama Allah, maka setan pun mengatakan (pada teman-temannya). “Saat ini kalian mendapatkan tempat untuk bermalam “Ketika ia lupa menyebut nama Allah saat makan, maka setan pun berkata, “Kalian mendapat tempat bermalan dan jatah makan,” (HR. Muslim)
“Wahai anakku, jika engkau memasuki rumah dan menemui keluargamu, ucapkanlah salam agar datang keberkahan padamu dan juga keluargamu.” (HR. Tirmidzi)
Apabila mengucapkan salam hendaknya kita ucapkan dengan sempur.na dan yang mendengar salam tersebut hendaknya menjawabnya dengan lebih sempurna. Dalam adab mengucapkan salam, akan lebih baik jika kita mengucapkan salam dengan lengkap.
“Seorang laki-laki datang kepada Rasulullah SAW dan mengucapkan, “Assalamu’alaikum”, Lalu dijawab oleh Rasulullah SAW kemudian beliau duduk. Lalu Rasulullah SAW bersabda, “sepuluh”. Datang lagi orang kedua dan mengucapkan, “Assalamu’alaikum wa rahmatullah” dijawab oleh Rasulullah SAW dan beliau duduk kembali. Lalu Rasulullah SAW bersabda, “dua puluh”. Datang lagi orang ketiga dan mengucapkan “Assalamu’alaikum wa rahmatullaah wa barakatuh”. Lalu dijawab oleh Rasullah SAW dan beliau kembali duduk. Lalu Rasulullah SAW bersabda, “tiga puluh”.” (H.R Bukhari)

7. Setan Wasnan
Setan Wasnan ini sukanya adalah di kasur, tempat tidur manusia dan tugasnya adalah melelapkan orang yang sedang tidur. Kita pernah mengalami kesiangan waktu shubuh kan…..udah bangun tapi badan kita terasa berat untuk bangun dan tidur kembali, nah ini karena ulah si setan Wasnan. Ia menarik kelopak mata agar berat unutk membukanya. Ia menutup telinga ketika agar tidak mendengar adzan dan ia menahan badan untuk segera bangun dan menjadi bermalas-malasan dahulu sehingga kita pun menjadi lalai. Maka dari itu sebelum tidur jangan lupa unutk berdo’a seperti yang dilakukan oleh Rasulullah SAW.
Adab sebelum tidur ala Rasulullah SAW :
v  Berwudhu
“JIka kamu mendatangi tempat tidurmu, maka berwudhulah seperti wudhu untuk shalat. Lalu berbaringlah pada sisi kanan badanmu.” (H.R Bukhari & Muslim)
v  Membaca Surat Al-Ikhlas, Al- Falaq dan An-Nas
“Rasulullah SAW ketika berada ditempat tidur di setiap malam, beliau mengumpulkan kedua telapak tangan lalu beliau membaca surat al-ikhlas, al-falaq, dan an-naas dan meniupkannya ke dua telapak tangan. Kemudian Rasulullah SAW mengusapkan kedua telapak tangan tadi pada anggota tubuh yang mampu dijangkau mulai dari kepala, wajah, dan tubuh bagian depan. Beliau mengulanginya sampai tiga kali.” (H.R Bukhari)
Dari Abu Hurairah ra, Rasulullah SAW menugaskanku untuk menjaga hasil zakat Ramadhan. Lalu ada orang yang mencuri makanan namun aku berhasil merebutnya kembali. “ Aku pasti akan mengaduaknmu kepada Rasulullah SAW.” Lalu ketika ia menceritakan perbuatan pencurian itu kepada Rasulullah SAW, pencuri itu berkata, “jika kamu hendak berbaring di atas tempat tidurmu, maka bacalah ayat Kursi. Karena Allah akan selalu menjagamu dan setan pun tidak berani mendekatimu mulai dari tidur sampai nanti bangun pagi hari.”
Rasulullah SAW mendengar itu dan bersabda, “benar apa yang ia katakana padahal dia adalah seorang pendusta dan pendusta itu setan,” (H.R Bukhari)
v  Membaca do’a sebelum tidur
“Apabila Rasulullah SAW sebelum tidur maka beliau mengucapkan, “bismika allahumma ahya wa ammutu (Dengan menyebut nama-Mu ya Allah, aku hidup dan mati)” dan ketika bangun tidur beliau mengucapkan, “alhamdulillahilladzi ahyaana ba’da maa amatana wailaihi nusyur (Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami setelah mematikan kami. Dan kepada-Nyalah tempat kembali).” (H.R Bukhari)

8. Setan Mathus
Setan Mathus ini adalah setan gossip dan suka banget dengan berita-berita yang belum jelas kebenarannya sehingga suka membumbui percakapan seru yang belum tentu benar beritanya. Biasanya kaum perempuan yang mudah terbawa sehingga tidak sadar kalo ternyata yang mereka lakukan adalah Ghibah. Kalo tidak benar beritanya itu jatuhnya fitnah dan fitnah lebih kejam dari pembunuhan. Karena fitnah dapat membunuh karakter dan merusak kehormatan manusia bahkan bertengkar.
“Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan dari prasangka, sesungguhnya sebagian prasangka itu adalah dosa dan janganlah kamu mencari-cari kesalahan orang lain dan janganlah mengghibah (menggunjing) sebagian yang lain. Sukakah salah seorang diantara kamu memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepada Allah, Sesungguhnya Allah Maha Penerima Tobat dan Maha Pengasih.” (Q.S Al-Hujurat : 12 )

9.  Setan Abyad

Setan Abyad ini adalah setan yang paling berat tugasnya karena bukan manusia saja yang digoda melainkan utusan Allah SWT pun harus digoda. Memang Nabi dan wali-wali Allah SWT adalah orang-orang terpilih dan terjaga dari dosa namun ada juga beberapa wali Allah SWT yang masih tergoda oleh setan Abyad ini.
Komentar Facebook
0 Komentar Blogger

Tidak ada komentar: